Jumat, 05 Agustus 2011

Tamansari

      Tamansari disebut juga istana air karena terdapat laut buatan yang dinamakan Segaran dan pulau buatan yang dinamakan pulau Kenanga karena ditumbuhi bunga kenanga yang harum baunya.dilokasi ini dibangun juga gedung bertingkat dua bernama Cemethi.
      Terdapat kompleks pemandian yang terdiri dari tiga kolam.Paling selatan dinamakan Umbul sari,khusus dipergunakan oleh Sultan beserta permaisurinya.kolam yang terletak ditengah disebut umbul Binangun yang dipergunakan oleh para selir dan permaisuri.paling utara disebut Umbul Muncar untuk mandi putra sultan beserta para pejabat keraton.
      Masjid bawah tanah yang disebut sumur Gumuling adalah tempat sultan menjalankan ibadah.Taman Ledoksari adalah tempat sultan tidur.
      Tamansari dibangun oleh Sri Sultan HB 1 pada tahun 1758 M sebagai tempat rekreasi sekaligus Benteng Pertahanan.Pembangunannya membutuhkan waktu empat tahun.Tamansari didirikan dibekas pemandian pachetokan yang pernah digunakan Prabu Hanyokrowati,putra panembahan senopati.airnya berasal dari sumber mata air.
      Tamansari dibangun hanya menggunakan batu bata dan semen tanpa beton bertulang.Sayang sekali,ia hanya berfungsi sampai tahun 1812 M semasa Sri Sultan HB II.Dikarenakan gempa bumi dahsyat maka bangunan tersebut tidak dapat dipergunakan lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar